Tips Memilih Pagar Rumah yang Tepat - Myspace-Toys.com

Rabu, 15 Mei 2019

Tips Memilih Pagar Rumah yang Tepat

Memilih Ukuran Pagar Rumah

Pagar merupakan bagian eksterior rumah yang memiliki fungsi utama untuk menjaga rumah dari sisi keamanan yang menjadi batasan antara rumah dengan jalan. Namun, seiring dengan perkembangannya, pagar juga mulai memiliki fungsi tambahan sebagai dekorasi rumah. Saat ini semakin banyak pagar yang memiliki bentuk, warna dan tampilan yang indah. Pagar-pagar yang dikerjakan oleh bengkel las yang sudah ahli di bidangnya akan menghasilkan pagar yang lebih menarik. Sebelum memilih pagar rumah, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips di bawah ini agar pilihan Anda tidak salah.

Perhatikan ukuran pagar
Tak jarang kita menemukan rumah dengan pagar yang sangat tinggi dan besar. Hal ini tentunya tidak menjadi masalah karena yang menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih pagar adalah keamanan. Namun, akan jauh lebih baik jika dalam memilih pagar, Anda memperhatikan ukuran rumah Anda. Jika rumah Anda berukuran besar, memang sebaiknya pilihlah pagar yang berukuran besar dan tinggi. Hal ini agar rumah Anda terlindung dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Tapi apabila rumah Anda kecil dan mungil, hindari penggunaan pagar rumah yang tinggi dan besar karena ini dapat membuat rumah Anda terkesan tenggelam dan tidak cocok. Oleh karena itu, sesuaikanlah ukuran pagar Anda dengan ukuran rumah Anda agar terlihat serasi dan proporsional. 

Sesuaikan dengan desain rumah
Saat ini pagar sudah menjadi salah satu faktor yang bisa menambah nilai keindahan dan estetika dari sebuah rumah. Ada berbagai macam desain pagar yang bisa Anda sesuaikan dengan desain rumah. Jika rumah Anda bergaya minimalis, maka pagar yang lebih cocok adalah jenis pagar sederhana yang tidak memiliki banyak hiasan di dalamnya. Biasanya pagar rumah minimalis dicat warna hitam atau putih.  Pagar yang indah juga akan membantu menambah nilai jual rumah tersebut.

Tentukan material pagar
Pada umumnya, material pagar terbuat dari bahan kayu, besi, besi hollow, cor, stainless dan bahkan batu alam. Namun, kebanyakan orang memang lebih sering menggunakan pagar dengan bahan dasar besi. Tapi, untuk pagar yang memiliki berbagai macam motif, bentuk dan model biasanya juga membutuhkan banyak bahan dasar sehingga materialnya sering dicampur. Material ini biasanya juga akan tergantung oleh gaya yang akan diusung oleh rumah tersebut.

Anggaran
Pagar yang terbuat dari bahan besi memang biasanya akan lebih mahal. Tapi perlu diingat dan diketahui juga bahwa harga biasanya mencerminkan kualitas. Pagar dengan harga yang mahal biasanya akan lebih tahan lama dan awet. Pilihlah material pagar yang lebih mudah dan juga murah dari segi perawatan. Tapi bukan berarti bahwa Anda harus selalu membeli pagar dengan harga yang paling mahal. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dari berbagai macam pertimbangan.

Fungsi pagar
Ingat dan tentukan kebutuhan Anda saat memasang pagar. Jika Anda membutuhkan privasi yang lebih ketat, gunakan pagar dengan jarak antar jeruji yang lebih rapat, atau bahkan yang tidak ada jaraknya. Terutama apabila di rumah Anda terdapat hewan peliharaan dan dibiarkan berkeliaran, hindari penggunaan pagar yang renggang karena dikhawatirkan pagar tersebut bisa dilewati dengan mudah.

Jenis pagar
Pada umumnya, ada tiga jenis pagar yang sering digunakan, yaitu pagar tempa, pagar biasa dan pagar yang terbuat dari bahan stainless steel. Ketiga bahan ini tentu memiliki kegunaan dan perbedaan masing-masing.

-Pagar Tempa
Jenis pagar ini adalah besi yang sudah ditempa dari besi polos dan dipelitir menjadi berbagai macam corak seperti spiral, kembang, tombak dan nanas. Pagar ini biasanya dicat dengan warna kuning emas karena biasa digunakan untuk dekorasi. Harganya memang cenderung lebih mahal dari pagar biasa dan sering digunakan di rumah-rumah yang mewah.

-Pagar Biasa
Sesuai dengan namanya, pagar dengan jenis ini polos dan sederhana. Tidak memiliki banyak variasi dan modelnya akan tergantung dari bahan dasarnya yang terbuat dari besi-besi polos seperti pipa, plat dan kanal. Karena bentuknya yang sederhana, pagar ini akan sangat cocok digunakan di rumah-rumah yang minimalis.

-Stainless Steel
Bahan dasar pagar ini terbuat dari baja dengan warna perak (silver) yang memiliki keunggulan ringan dan tahan karat sehingga tidak dicat pun pagar sudah tampak bagus dan antikarat. Namun pagar jenis ini harganya lebih mahal dibandingkan pagar tempa dan pagar biasa karena cara pembuatannya dengan cara yang khusus. Sebaliknya, pagar jenis ini jarang sekali digunakan untuk tipe rumah biasa dan minimalis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar