Mengenal Pendidikan Anak Usia Dini dan Manfaatnya bagi Anak - Myspace-Toys.com

Senin, 22 Juli 2019

Mengenal Pendidikan Anak Usia Dini dan Manfaatnya bagi Anak

Usia dini (3-6 tahun) merupakan periode emas dimana perkembangan fisik, kognitif, sosioemosi, bahasa dan kreativitas sangat pesat. Salah satu cara mendukung perkembangan selama periode emas adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Apa saja manfaat yang bisa didapatkan anak saat mengikuti PAUD, berikut pembahasanya.

Pendidikan Anak Usia Dini
 
Apa itu PAUD?
Menurut Depdiknas PAUD adalah upaya pembinaan bagi anak sejak usia dini melalui pemberian rangsangan pendidikan guna mendukung tumbuh kembang anak, baik jasmani maupun rohani agar anak lebih siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. PAUD dapat diselenggarakan pada jalur formal, informal dan nonformal.
 
Tujuan PAUD
Tujuan utama pemberian pendidikan anak usia dini antara lain adalah untuk mendukung tumbuh kembang anak  berdasarkan tingkat perkembangannya sehingga lebih optimal dan siap memasuki pendidikan dasar dan mengintervensi dengan memberikan rangsangan yang dapat menumbuhkan potensi-potensi tersembunyi atau dimensi perkembangan anak.
Dimensi perkembangan anak antara lain adalah kemampuan bahasa, intelektual, emosi, sosial, motorik, konsep diri, minat dan bakat. Selain itu pendidikan anak usia dini juga bisa mendeteksi kemungkinan terjadinya gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan potensi yang dimiliki seorang anak.
 
Manfaat PAUD
Berdasarkan penelitian PAUD berkorelasi dengan kemampuan anak di masa mendatang. Perannya yang penting membuat pemerintah sejak 2016 mewajibkan anak menjalani PAUD setidaknya selama setahun, sebelum memasuki sekolah dasar. Anak yang mengikuti PAUD juga bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk tumbuh kembang anak, antara lain sebagai berikut.
 
Pengenalan Dunia Sekolah
Anak yang mengikuti PAUD akan lebih siap saat memasuki sekolah dasar dan mampu beradaptasi dengan baik. Ketika mengikuti PAUD anak akan terbiasa untuk bersosialisasi dengan teman sebaya saat bermain maupun saat mengikuti kelas bersama.
 
Mengasah Kemampuan Dasar
Kemampuan dasar seperti bahasa dan motorik bisa dioptimalkan dengan mengikuti PAUD. Ketika anak bersosialisasi dengan orang lain, baik pengajar maupun teman sebaya, ia akan belajar bagaimana cara berbahasa yang baik dan benar. Semakin banyak interaksi yang dilakukan kosakata dan tata bahasa yang dimiliki anak akan semakin berkembang.
 
Berbagai mainan dan kegiatan yang dilakukan selama proses pembelajaran juga bisa melatih motorik kasar dan halus. Kegiatan seperti berlari, bergerak dan melompat dapat melatih motorik kasar. Permainan yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan seperti mewarnai memasukan balok dan menyusun puzzle dapat melatih motorik halus anak. 
 
Membentuk Kepribadian
PAUD membuat orang tua bisa mengenal dan membentuk kepribadian anak lebih jauh. Kepribadian anak bisa dilihat saat anak menyelesaikan masalah, sehingga orang tua bisa mengetahui bagaimana pola pikir anak. 
 
Memahami Kepribadian anak secara mendalam dapat mempermudah orang tua untuk menangani dan mengarahkan tumbuh kembang anak. Selain itu pada pengajar juga akan memberikan arahan dan masukan untuk membentuk karakter anak menjadi lebih baik.
 
Mengasah Kreativitas dan Imajinasi
Konsep pendidikan di PAUD adalah belajar dengan cara yang menyenangkan. Proses belajar yang santai dan menyenangkan akan membuat persepsi anak bahwa belajar bukanlah hal yang berat dan anak juga bisa berkreasi secara bebas dengan imajinasi dan kreativitas mereka sendiri. Materi pembelajaran yang diberikan juga bisa merangsang kreativitas dan kemampuan anak.
 
Mengajarkan Nilai Positif
Nilai-nilai positif juga bisa ditanamkan pada anak saat mengikuti PAUD. Anak akan belajar tahapan awal seperti cara menjalin interaksi yang baik, sikap saling menghargai, tatakrama, sopan santun dan nilai baik lainya. Sistem pembelajaran yang ringan dan santai membuat proses penanaman hal tersebut tidak terkesan memaksa sehingga dapat diterima anak dengan mudah.
 
Pendidikan anak usia dini sangat penting guna mendukung tumbuh kembang anak, baik di masa sekarang maupun di masa depan. Berbagai informasi lain seputar tumbuh kembang anak dan kehamilan bisa Anda lihat di laman generasimaju.co.id. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan para pakar melalui laman tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar