Usaha Daun Sente Cukup Menjanjikan, Tembus Hingga Ke Australia - Myspace-Toys.com

Senin, 25 November 2019

Usaha Daun Sente Cukup Menjanjikan, Tembus Hingga Ke Australia

Daun Sente

Melihat semakin berkembangnya bisnis di Indonesia, para pengusaha pun semakin gencar untuk melihat peluang bisnisnya. 
 
Di Kota Banjar, terdapat sebuah bisnis daun Sente, yang memiliki potensi keuntungan cukup tinggi. Bahkan tidak hanya di dalam negeri, bisnis ini mampu tembus hingga Australia. Bagaimana bisa ? Yuk, langsung saja kita ulik bisnis tanaman Sente melaui ulasan berikut. 
 
Raup Jutaan Rupiah dengan Bisnis Tanaman Sente Apakah anda pernah mendengar tentang tanaman sente ? Beberapa orang, akan menggunakan daun ini untuk pakan ikan atau digunakan hanya untuk tanaman di taman pekarangan rumah. 
 
Tak banyak yang tahu, jika tanaman sente gunung atau daun kajar yang sangat mudah untuk ditemukan ini mampu memberikan keuntungan jutaan rupiah. 
 
Seorang yang memanfaatkan daun kajar untuk lahan bisnisnya, adalah Yusuf. Ia adalah warga dari Dusun Cijurey, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari. Untuk daun kajarnya sendiri, Yusuf mengambilnya dari gunung di sekitar rumah, daun tersebut akan dipilih sebelum dijemur dan dikeringkan. 
 
Dalam menjual daun sente, penjual ini tidak sembarangan. Ia memilih daun kajar atau tanaman sente gunung saja yang bisa dijual, dan menghasilkan keuntungan cukup banyak.
Sedangkan daun yang tumbuh di pekarangan rumah, tidak bisa dijual karena tidak bisa diolah.  Sehingga penjual daun kajar ini akan selalu mengambil sente gunung, dengan cara memilahnya. 
 
Ciri Sente GunungDalam memilah sente gunung, tentu harus mengetahui ciri khas dari masing-masing daun. Pembedaan sente kampung dan sente gunung yang paling mudah adalah, tempat tumbuhnya tanaman tersebut. 
 
Pada sente gunung hanya tumbuh pada kawasan perkebunan karet, sehingga jika menemukan sente pada pekarangan sudah bisa dipastikan daun tersebut tidak bisa diolah.
Ciri khas lainnya dalah daun sente gunung berbentuk lebih lebar, dan setelah dilakukan pengeringan maka warna daunnya akan berubah menjadi kuning kecoklatan. 
 
Ciri ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan sente kampung, dimana pada jenis sente kampung akan memiliki ukuran daun yang lebih kecil. Tidak hanya itu saja, warna daun dari sente kampung pun memiliki warna cokelat. 
 
Dengan perbedaan yang mencolok tersebut, tentu tidak sulit untuk membedakan sente kampung dan sente gunung. 
 
Apabila salah mengambil pun, sente kampung akan terlihat ketika proses pengeringan. Pada dasarnya warna sente kampung akan lebih cokelat, dan tidak bisa untuk diolah. 
 
Proses Produksi Sente Gunung
Ketika sente gunung dikumpulkan, maka seluruh daun tersebut akan dilakukan penjemuran untuk dikeringkan. Pada pengeringannya pun, daun akan dipilih dan dikeringkan selama satu hari. Penjemuran tidak dilakukan terlalu lama, hal ini karena jika terlalu kering dapat merusak sente gunung. 
 
Setelah agak kering namun tetap terdapat kelembaban pada daun, selanjutnya daun akan digantung dan dianginkan sebelum dijual. 
 
Sente gunung sangat mudah untuk tumbuh, bahkan dam waktu dua bulan pun, daunnya sudah dapat dipetik. Dengan kemudahan menemukan dan mendapatkan sente gunung, membuat keuntungan pun semakin banyak didapatkan. 
 
Harga dari sente gunung, sekitar Rp 20 ribu untuk per kilogramnya. Dengan kelancaran mendapatkan bahan dasar, maka penjual sente gunung ini pun dapat mengirim setiap bulannya. 
 
Peminat dari daun sente gunung ini tidak hanya warga lokal saja, bahkan Australia sering memesan sente gunung untuk digunakan sebagai bahan herbal.
 
Dunia bisnis memang semakin ketat dari waktu ke waktu, maka dari itu pelaku usaha pun perlu melihat setiap peluang usahanya. 
 
Terlihat sepele, nyatanya bisnis sente gunung ini bahkan bisa tembus pasar internasional. Daun yang sering digunakan untuk pakan ikan ini, nyatanya juga bisa digunakan untuk bahan herbal yang digunakan oleh Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar