Yuk Kenali SOP Bagi Asisten Maintence - Myspace-Toys.com

Senin, 04 November 2019

Yuk Kenali SOP Bagi Asisten Maintence

SOP Asiten Maintenance

Kegiatan maintenance atau pemeliharaan ini, dirasa perlu dilakukan, terutama untuk segala bentuk kegiatan yang memiliki kaitan dengan cara untuk mempertahankan peralatan dan sistem agar kondisinya tetap layak digunakan. Dengan adanya kegiatan maintenance, dapat meningkatkan kemamapuan serta meningkatkan kecepatan dalam perbaikan. Agar hal ini berjalan sesuai dengan apa itu SOP asisten maintence, yuk simak ulasan berikut ini.
 

Tugas Dan Tanggung Jawab Asisten Maintence

1. Menjamin Kebijakan Mutu Telah Dilaksanakan
Seorang asisten maintence, perlu menjamin bahwa kebijakan mutu  yang ada, telah dimengerti oleh semua karyawan. Apabila kebijakan ini sudah dimengerti,  tentu mereka akan menerapkan ketentuan yang ada, dan dipelihara oleh seluruh mandor mandor sekaligus para pekerja yang berada di bengkel. Bengkel yang dimaksud meliputi bengkel umum, bengkel traksi, hingga bengkel. 
 
2. Menjamin  Semua Aktifitas Sesuai Dengan Prosedur
Setelah selesai menjamin adanya kebijakan mutu, kini seorang asisten maintence perlu menjamin bahwasanya segala aktifitas yang dilakukan pekerjanya, telah sesuai dengan prosedur mutu serta sesuai dengan instruksi kerja. Dimana instruksi kerja ini telah didokumentasikan dan telah diimplementasikan hingga cara ini dianggap efektif bagi setiap pelaksanaan pekerjaan ini.
 
3. Pengajuan Permintaan Bahan Dan Alat
Ketika semua jaminan telah dilakukan, maka tahap selanjutnya berdasarkan apa itu SOP adalah mengajukan permintaan untuk berbagai bahan dan beberapa mesin yang sekiranya dibutuhkan di beberapa bengkel. Beberapa bengkel yang dimaksudkan meliputi bengkel umum, bengkel traksi, dan bengkel listrik, dimana bahan dan alatnya disesuaikan dengan perencanaan yang sebelumnya telah dibuat. 
 
4. Menjamin Semua Alat Siap Digunakan
Ketika menerima bahan dan alat sesuai kebutuhan, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Sebab, terkadang ada saja alat yang sebenarnya tidak layak pakai, sehingga menghambat segala pekerjaan lainnya. Semua mesin yang dikirimkan ini, harus dipastikan dan terjamin bahwa siap untuk dioperasikan oleh pabrik. Apabila ada kecacatan atau kerusakan, segera hubungi pihak berkaitan untuk dilakukan penukaran alat tersebut.
 
5. Memastikan Semua Alat Dalam Keadaan Baik
Sebelum menu tahap selanjutnya sesuai dengan apa itu SOP, seorang asisten maintence perlu memperhatikan segala alat yang akan digunakan, mulai dari mesin, instalasi, bangunan,  kendaraan, dan sebagainya. Agar menjaga peralatan tetap awet, lakukan perencanaan pemelliharaan secara rutin. Namun agar hasilnya lebih maksimal, bisa juga melakukan pemeliharaan dan perawatan secara satu per satu. 
 
6. Menjamin Sekaligus Pengecekan Rencana
Ketika ada perencanaan untuk melakukan pemeliharaan, maka diperlukan aksi nyata agar hasil bisa dirasakan. Aksi nyata ini, bisa berupa kebiasaan untuk mengecek setiap alat yang telah digunakan. Pastikan alat tersebut masih terjamin kualitasnya serta masih layak untuk digunakan kembali sesuai dengan SOP yang ada. Ketika kebiasaan ini telah diterapkan, anda bisa melakuakn evaluasi terhadap aktifitas ini, entah secara rutin maupun secara satu per satu. 
 
7. Bertanggung Jawab Terhadap Penggunaan Alat
Setiap menggunakan alat yang ada di bengkel, perlu didasari dengan tanggung jawab. Hal ini dikarenakan, setiap alat yang ada di bengkel, bukan kepemilikan pribadi. Apabila terjadi kerusakan atau hilang, maka perlu untuk menggantinya. Selain itu, penggunaan spare part perlu untuk dicatat secara terperinci, antara waktu penggunaan dan pemeliharaan. Fungsi dari pencatatan waktu penggunaan menurut apa itu SOP adalah, agar mengetahui kapan harus diganti agar mesin tidak rusak.
 
Kegiatan pemeliharan, berfungsi untuk mengukur seberapa sukses manajemen pemeliharan yang telah diterapkan. Untuk memperkuat hasil yang maksimal, dibutuhkan 2 unsur yang harus ditentukan terlebih dahulu, yaitu adanya keterlibatan antara karyawan dengan  prosedur pemeliharaan yang tengah diterapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar