Kehadiran Mola TV Dalam Siaran Langsung Olahraga Tinju Dunia - Myspace-Toys.com

Senin, 02 Desember 2019

Kehadiran Mola TV Dalam Siaran Langsung Olahraga Tinju Dunia

Anthony Joshua melawan Andy Ruiz Jr. II

Geliat olahraga tinju di media massa mulai muncul lagi beberapa tahun belakangan. Kalau dulu ada nama-nama macam Mike Tyson, Wladimir Klitschko, sampai Manny Pacquiao, sekarang eranya Anthony Joshua, Floyd Mayweather Jr., Deontay Wilder. Di Indonesia, geliat tinju justru cenderung menurun. Paling terasa memang sejak Chris John kehilangan gelarnya beberapa tahun lalu. Kiprah Daud Jordan pun tidak terlalu menarik perhatian masyarakat.

Siaran atau program tinju di Indonesia biasanya ada di pagi hari. Ada pula beberapa yang mendapat slot malam hari. Mulai dari siarang langsung, sampai cuplikan-cuplikan pertandingan terdahulu, ada di waktu itu. Stasiun-stasiun televisi yang menyiarkan program tinju juga sudah mulai merata. Jika dulu RCTI kental dengan program tinjunya, sekarang TvOne sudah berani menjadikan olahraga ini sebagai salah satu program andalan.

Penonton tinju biasanya datang dari kalangan Bapak-Bapak. Entah karena memang menggemari olahraganya atau hanya sekedar senang melihat orang lain baku hantam. Sebenarnya ada faktor lain yang membuat orang Indonesia menonton pertandingan tinju. Salah satunya adalah faktor kedekatan. Contoh ketika era kejayaan Ellyas Pical dan Chris John, banyak masyarakat antusias yang menyaksikan kiprahnya karena merasa sang atlet membuat bangga bangsa ini. Apakah Daud Jordan tidak mengharumkan nama bangsa? Lagi-lagi, perbedaan kelas menjadi jurang nyata antara keduanya.

Itu Chris John, agak mirip kasusnya dengan pertandingan antara Manny “Pacman” Pacquiao melawan Floyd Mayweather Jr. Banyak dari masyarakat Indonesia yang lebih mendukung Pacman karena merasa sesama bangsa Asia. Hal-hal semacam inilah yang jadi alasan masyarakat Indonesia setidaknya bisa menyukai siaran tinju lagi.

Fakta lainnya adalah pertandingan UFC yang menjadi alasan masyarakat Indonesia mau menonton siaran olahraga semacam ini. Memang bukan tinju, tetapi konteksnya masih pertarungan, kanvas, dan arena. Salah satunya adalah pertandingan UFC antara Connor McGregor melawan Khabib Nurmagomedov. Sebelum pertandingan ini, kita bisa melihat bagaimana McGregor begitu dipuja-puja banyak orang.

Gaya eksentrik dan terkesan apa adanya menjadi “jualan” petarung asal Republik Irlandia tersebut. Namun, McGregor mendadak menjadi antagonis ketika pertarungan melawan Khabib. Pembawaan Khabib yang tenang dan terkesan religius mampu mencuri perhatian banyak orang. Efek setelahnya bisa ditebak, TvOne kebanjiran rating besar karena pertandingan itu.

Meskipun tidak melulu soal rasa kedekatan emosional, karena banyak pula yang memang mengikuti kiprah petinju-petinju lain. Contohnya saja nama-nama di paragraf pembuka. Beberapa tahun belakangan di pentas dunia, nama-nama seperti Anthony Joshua, Deontay Wilder, dan Tyson Furry lebih sering berseliweran.

Dalam waktu dekat, dunia akan menyambut pertandingan kelas berat antara Anthony Joshua melawan Andy Ruiz Jr. II Setelah melewati berbagai negosiasi, akhirnya ditetapkan bahwa pertandingan akan digelar awal Desember. Dari segi popularitas, Joshua memang sedang naik daun. Apalagi ini adalah kesempatan bagi petinju asal Inggris itu untuk membalaskan dendam di pertandingan pertama.

Soal siaran, Mola TV mengambil inisiatif untuk menyiarkan pertandingan bergengsi di penghujung tahun. Sebagai salah satu pemain baru di dunia siaran tinju, Mola sepertinya layak untuk diperhitungkan. Sebelumnya, mereka juga menyiarkan pertandingan yang tak kalah seru antara Deontay Wilder dan Luis Ortiz II. Selain itu, ulasan-ulasan mengenai tinju juga mulai muncul di laman website mereka.

Bahkan pertandingan dua YouTuber, KSI dan Paul Logan, Mola pun juga menyiarkan pertandingan mereka. Entah apa yang membuat Mola TV berani melakukan itu, semoga siaran tinju ini menjadikan program jangka panjang dari Mola TV itu sendiri bukan hanya sekedar event tahun ini saja. Apa pun itu, setidaknya Mola TV cukup serius untuk mengembalikan geliat siaran tinju di tanah air. Terutama adanya fasilitas live streaming tinju di Mola TV secara langsung. Hal ini yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya bagi para penggemar tinju di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar