Mau Melamar Menjadi Kasir, Ketahui Dulu Tugas Kasir Dan Tanggung Jawabnya - Myspace-Toys.com

Rabu, 22 Januari 2020

Mau Melamar Menjadi Kasir, Ketahui Dulu Tugas Kasir Dan Tanggung Jawabnya

Tugas Kasir
Gambar : Pawoon

Dengan banyaknya ritel modern akhir belakangan ini, berimbas juga dengan banyaknya lowongan kerja sebagai kasir. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, tugas kasir adalah seseorang yang menerima uang dari konsumen atau pembeli. Selain kasir, ada pula istilah kassa yang harus anda ketahui. Jika kasir itu orangnya, maka kassa itu adalah tempatnya.

Secara umum, tugas kasir yang paling utama adalah menerima pembayaran uang dari pembelian produk (jasa atau barang) dan mengembalikan sisa uang pembayaran, dan tanggung jawab kasir menyerahkan produk (jasa atau barang) pada customer (pelanggan). Selain itu, kasir juga bertugas untuk menghitung total jumlah penjualan per hari, minggu, atau bulan dan mengetahui produk yang paling laris dijual.

Walaupun banyak yang menganggap remeh posisi kasir sebenarnya posisi ini menentukan hail yang diperoleh sebuah ritel atau sebuah toko. Selain itu untuk menjadi seorang kasir yang profesional, sesorang setidaknya harus mempunyai karakter yang baik dan tidak ceroboh dan teliti.

Adapun tugas dan tanggung jawab kasir minimarket diantaranya:


1.    Bertanggung Jawab Terhadap Transaksi Penjualan.
Mencatan setiap transaksi penjualan adalah tugas utama yang harus dilaksanan dengan penuh tanggung jawab oleh seorang kasir. Jika ada transaksi yang salah misalnya uang di laci kurang pada saat akan tutup shift atau tutup hari, maka kasir harus menggantinya.
2.    Menjalankan Proses Penjualan dan Penerimaan Pembayaran.
Kasir merupakan ujung tombak di minimarket yang langsung head to head dengan pelanggan yang akan membayar. Sikap yang sopan dan ramah serta penampilan yang menarik dan rapi sangat penting untuk ditonjolkan di sini. Selain itu, seorang kasir juga harus pandai berkomunikasi dengan pelanggan agar suasana tidak kaku.

3.    Mencatat Setiap Transaksi.
Dibutuhkan ketelitian dalam mencatat setiap transaksi baik yang dilakukan secara manual maupun yang dilakukan dengan digital.

4.    Melayani Transaksi Dan Packing Barang.
Dalam melakukan tugas ini, kasir dituntut untuk dapat melakukannya secara multi-tasking, sehingga sembari melakukan packing barang kasir sembari mengajak konsumen untuk ngobrol atau melayani konsumen yang sedang bertanya agar waktu yang dihabiskan konsumen saat menunggu menjadi tidak terasa.

5.    Melakukan Pengecekan Barang Sebelum Menyerahkan Ke Pelanggan.
Sebelum memberikan barang, kasir harus mengecek apakah semua barang sudah masuk ke dalam plastik atau belum. Jangan sampai ada yang tertinggal karena akan merugikan konsumen.

6.    Bertanggung Jawab Terhadap Transaksi Penjualan.
Mencatan setiap transaksi penjualan adalah tugas utama yang harus dilaksanan dengan penuh tanggung jawab oleh seorang kasir. Jika ada transaksi yang salah misalnya uang di laci kurang pada saat akan tutup shift atau tutup hari, maka kasir harus menggantinya.

7.    Menyetorkan Uang Transaksi Penjualan Dan Serah Terima Shift.
Kasir harus segera menyetorkan uang hasil penjualan kepada atasannya beserta laporan atau bukti transaksi. Setelah itu, melakukan serah terima shift pada kasir di shift berikutnya.

8.    Bertanggung Jawab Atas Laporan Keuangan Terhadap Atasan Atau Supervisor.
Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan yang fatal dan sesegera mungkin dilakukan pencegahan sehingga risiko kerugian bisa diminimalkan.

Nah, itulah beberapa tugas dan tanggung jawab kasir yang harus anda ketahui sebelum terjun ke bidang ini. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mendapatkan pekerjaan sebagai seorang kasir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar