Oleh-Oleh Khas Daerah Bandung Selatan - Myspace-Toys.com

Senin, 29 Juni 2020

Oleh-Oleh Khas Daerah Bandung Selatan

Bandrek Abah Bandung

Jika kaian merupakan orang yang menyukai traveling, bandung adalah tempat yang harus kalian pertimbangkan. Yang menarik dari bandung bukan hanya daerah kota bandungnya saja, tetapi kalian juga harus banget mengunjungi daerah bandung selatan. salah satu kota yang ada di daerah bandung selatan yaitu adalah kota banjaran. Tidak jauh berbeda dengan bandung daerah bandung selatan seperti banjaran ini juga memiliki daya Tarik yang sangat luar biasa, karena banjaaran ini dianggap jauh lebih asri dibandingkan dengan kota bandung. Banjaran juga terkenal dengan ragam kulinernya terutama oleh-olehnya, oleh-oleh di daerah bandung selatan sedikit berbeda dan lebih beragam dibandingkan dengan oleh-oleh di bandung kota. Penasaran resep masakan terbaru atau minuman khas dari daerah banjaran atau bandung selatan? yuk kita lihat aneka makanannya. 
 
1.    Bandrek abah
Bandrek memang minuman yang sangat terkenal, dan bandrek merupakan saah satu minuman khas dari tanah sunda. Tidak terkecuai di daerah bandung selatan seperti kota banjar, ciwidey dan lainnya. di daerah yang sejuk ini bandrek memang menjadi salah satu minuman khas untuk menghangatkan tubuh. Bandrek sangat cocok dinikmati saat malam hari dimana cuaca sudah dingin. Salah satu bandrek yang terkenal di daerah bandung selatan yaitu adalah bandrek abah. Sebenarnya bandrek abah ini lebih terkenal di daerah ciwidey,  tetapi karena semakin berkembangnya jaman bandrek abah ini sudah terkenal ke penjuru bandung. Bandrek abah sudah berdiiri dari tahun 1982 sampai sekarang bandrek abah masih terkenal. Karena bandrek abah selau menjaga kualitas bandreknya yang terbuat dari bahan-bahan alami. Bandrek abah ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh karena tersedia daam 2 kemasan, yaitu kemasan saset dan botol. Tidak jarang orang yang pergi ke daerah bandung selatan seperti kota banjaran sering mencari bandrek abah.
 
2.    Dodol susu, permen susu dan kerupuk susu
Di bandung selatan juga ada daerah yang bernama daerah pangalengan. Di pangelangan ini merupakan kawasan peternakan sapi oleh karena itu di daerah bandung selatan ini banyak produk-produk yang terbuat dari susu. Masyarakat daerah sana juga seringkali mengolah susu menjadi aneka snack seperti dodol susu, permen susu dan kerupuk susu. Untuk kalian yang sedang berjalan-jalan di daerah banjaran di tempat oleh-oleh kalian juga pasti akan melihat aneka oleh-oleh dari pangalengan karena sama-sama termasuk kedaerah bandung selatan.
 
3.    Opak
Untuk kalian yang sedang mencari oleh-oleh khas dari kota banjaran, mungkin memang sedikit susah tetapi saat kalian berada di toko oleh-oleh kalian pasti akan melihat opak yang tergantung atau dipajang di dalam toko. Karena opak ini merupakan salah satu makanan khas hampir di semua daerah jawa barat termasuk di bandung selatan. di bandung selatan sendiri seperti di banjaran, merek opak yang sangat terkenal yaitu adalah opak bojongkunci. Opak bojong kunci ini sudah ada dari tahun 1985 dan masih tetap eksis sampai saat ini!
 
4.    Kalua jeruk
Kulit jeruk bali biasanya menjadi limbah dan langsung dibuang begitu saja. tapi apa kalian tahu salah satu daerah di bandung selatan menjadikan kulit jeruk bali sebagai olahan pangan yang memiliki rasa yang unik. Warga ciwidey menjual kulit jeruk bali yang sudah di olah menjadi kalua, memiliki rasa jeruk yang kuat dan juga manis.
 
5.    Borondong
Saah satu snack daerah bandung selatan yang terkenal adalah borondong. Daerah majalaya, banjaran dan sekitarnya pasti sangat khas dengan makanna yang satu ini. makanna ini seperti pop corn dengan rasa manis tetapi versi indonesianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar