Manfaat Search Engine Marketing Bagi Bisnis - Myspace-Toys.com

Senin, 30 November 2020

Manfaat Search Engine Marketing Bagi Bisnis

Panduan Google Adwords

 
Pengertian Search Engine Marketing
Search engine marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan iklan berbayar yang tampil di mesin pencari seperti Google. Dengan kata lain, seorang advertiser membeli traffic kepada mesin pencari untuk sebuah iklan/website.

Format dan Contoh SEM
Ada dua format yang terdapat pada search engine marketing, format text dan PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads). Platform yang biasa menggunakan SEM berformat teks adalah Google Adwords, Bing, dan Yahoo Gemini. Sementara itu, PLAs merupakan format berbentuk visual yang menampilkan produk, harga, serta rating.

⦁ Sekilas Mengenai Google Adwords
Google Adwords merupakan SEM yang paling populer saat ini. Istilah Google Adwords mungkin terdengar asing bagi Anda, namun Anda pasti sering melihatnya di Google.

Sebagai contoh, ketika pengguna memasukkan keyword tertentu, maka iklan yang mengandung keyword tersebut akan tampil di urutan teratas. Biasanya terdapat kata “AD” atau “IKLAN” di samping kiri halaman website.

Anda juga dapat mempelajari panduan Google Adwords sebelum memulainya agar lebih efektif dalam menjalankannya.
 
⦁ Google Adwords dan SEO
Website yang menggunakan Google Adwords akan muncul paling atas di Google. Sedangkan website yang tampil di bawahnya tidak memakai Google Adwords, tapi dengan SEO. SEO sendiri merupakan metode untuk mendatangkan traffic secara gratis tanpa membayar biaya iklan.

⦁ Menentukan Posisi Iklan di Google Adwords
Posisi iklan di Google Adwords ditentukan oleh beberapa faktor, yakni CPC Bid dan Quality Score. CPC Bid merupakan banyaknya biaya yang ditentukan untuk tiap kliknya. Sementara quality score merupakan sebuah metriks yang ditentukan oleh Google. Jadi advertiser yang memasang iklan dengan budget tinggi tidak selalu berada di posisi satu.

Manfaat SEM Bagi Bisnis
⦁ Targeted Marketing
Manfaat utama bisa Anda dapatkan adalah kesempatan untuk langsung memasarkan produknya kepada audiens yang telah Anda ditentukan. Anda bisa menentukan target audiens berdasarkan demografi mereka, seperti umur, jenis kelamin, dan lokasi.

⦁ Mendapat Hasil yang Instan
Proses memasang iklan di Google Adwords tidak membutuhkan waktu yang lama, begitu juga dengan hasilnya. Anda bisa lihat hasilnya sesaat setelah iklan Anda muncul. Berbeda dengan metode SEO yang membutuhkan waktu cukup lama untuk melihat hasilnya. Jadi, jika Anda membutuhkan hasil yang instan, Google Adwords bisa jadi pilihan yang tepat.

⦁ Dapat Menyesuaikan Budget
Manfaat lainnya dari SEM adalah Anda bisa memasang iklan dengan budget yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi, iklan Anda tidak akan tayang lagi ketika budget Anda sudah habis.

Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang search engine marketing dan manfaatnya bagi bisnis. Jika metode ini digunakan dengan tepat, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, menggunakan jasa Digital Agency seperti Meson dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang membutuhkan bantuan professional dalam mengelola iklan Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar