Resep Olahan Cumi Yang Mudah Dan Enak - Myspace-Toys.com

Minggu, 08 November 2020

Resep Olahan Cumi Yang Mudah Dan Enak

 

Cumi Pedas Hijau

Apakah anda suka makanan laut? Jika anda menyukai makanan laut, pastinya anda menyukai cumi. Cumi adalah salah satu makanan laut yang cukup amis. Jadi jika anda harus pintar memilih cumi yang masih segar. Dikarenakan jika anda tidak emmilih cumi yangs egar. Ketika anda bawa sampai rumah, cui akan mengeluarkan bau busuk dan malah tidak jadi dimasak. Cumi sendiri bisa anda belidi pasar tradisional atau juga supermarket. Cumi juga ada yang kecil dan besar. anda harus tahu jika cumi ada banyak tentakel. Nah jangan salah dengan sotong. Ketika sudah dibeli masukkan langsung ke kulkas ketika sudah dicuci. Jika anda belum mau masak lanngsung cuminya. Berikut resep makanan khas Palembang dari cumi yang bisa anda tiru dengan mudah dan enak. 


1.    Cumi Pedas Hijau
Olahan pertama dari cumi ini adalah cumi dengan rasa yang pedas. Jadi anda harus menyiapkan cabe hijau gendot yang pedas sekitar 6 buah. Selanjutnya cumi 250 gram. Siapkan juga bawang putih dan merah masing-masing sekitar 4 siung. Selanjutnya anda siapkan juga garam dan royco rasa sapi. Nah, anda bisa menggunakan saos tiram sachet.


Anda bersihkan dulu cuminya dan dipotong menjadi beberapa bagian. Hati-hati ketika memotongnya jangan sampai tintanya hilang. Tinta cumi akan menambah rasa cumi pedas. Setelah itu  sisihkan dulu cuminya. Iris cabe gendotnya, dan semua bawang. Selanjutnya siapkan wajan berisikan minyak sedikit saja. Setelah itu anda tumis bawang dan cabe gendotnya. Kemudian anda masukkan saos tiram dan garam seujung jari. Setelah itu masukkan cuminya dan beri sedikit saja air. Tutup dan masak jangan terlalu lama. Jika cumi dimasak terlalu lama akan alot.


2.    Cumi Goreng Krispi
Olahan cumi yang satu ini berbeda dari olahan cumi yang sebelumnya. Cumi goreng krispi ini bisa anda berikan pada anak anda karena tidak pedas rasanya. Nah cumi goreng krispi ini juga bisa jadi cemilan yang enak. Bahan untuk membuat cumi goreng krispi adalah cumi sekitar 500 gramm tepung bumbu krispi ayam dan jeruk lemon 2 buah. 


Anda cuci bersih dahulu cuminya dan hilangkan juga tintanya. Potong menjadi potong sedang kemudian berikan perasan jeruk lemon dan sedikit daram. Diamkan sekitar 5 menit dan masukkan dala kulkas. Setelah itu buah 2 adonan tepung bumbu yang basah dan kering dalam 2 wadah berbeda. Setelah itu keluarkan cumi dalam kulkas dan masukkan dalam tepung basahnya. Selanjutnya masukan apda tepung kering dan masukkan lagi pada tepung basah. Lalu terakhir pada tepung kering kemudian anda goreng dengan minyak panas. Anda bisa makan cumi goreng krispi dengan saos sambal atau juga saos tomat.


3.    Balado Cumi
Masakan dari olahan cumi yang selanjutnya ini adalah cumi balado. Cumi balado ini mempunyai rasa yang pedas dan enak sekali dimakan dengan nasi putih hangat. Bahan yang anda butuhkan untuk membuat cumi balado adalah bawang merah 7 siung, bawang putih 2 siung, gula merah 1 buah, cabe merah besar 6 buah, cabe keriting 3 buah dan cabe pedas 6 buah dan buah lemon 1 buah. Siapkan juga kecap manis 1 sendok makan. Anda potong dahulu cuminya lalu tumis dengan semua bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah itu anda masukkan juga gula merah dan kecap manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar