5 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi : Info SehatQ.com - Myspace-Toys.com

Senin, 08 Maret 2021

5 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi : Info SehatQ.com

 

Kolesterol


Setiap orang membutuhkan kolesterol dalam jumlah tertentu untuk tubuh. Fungsi kolesterol sendiri secara umum adalah untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Tapi kelebihan jumlah kolestrol dapat menimbulkan kondisi yang disebut kolesterol tinggi yang berbahaya bagi tubuh. Berikut adalah beberapa komplikasi penyakit yang timbul karena jumlah kolesterol dalam tubuh terlampau tinggi.

 

Penyakit komplikasi yang ditimbulkan

 

1 Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi dimana tekanan pada pembuluh darah melebihi batas normal. Tekanan ini terjadi karena kelebihan kolesterol pada darah meninggalkan bekas plek-plek disekitar pembuluh darah, yang menyebabkan pembuluh darah mengalami penyempitan.

 

Akibat penyempitan ini, jantung harus bekerja dengan ekstra dalam memompa darah ke bagian-bagian tubuh lainnya. Jika kondisi ini terjadi, maka jantung dan pembuluh darah memiliki resiko besar mengalami kerusakan. Dimana kerusakan yang terjadi bisa berakibat kepada penyakit jantung.

 

2. Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Penyakit ini juga disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi dimana terjadi kerusakan pembuluh darah utama (arteri coroner) pada jantung. Penyakit ini timbul karena terjadi penumpukan lemak di saluran pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan, sehingga menyebabkan aliran darah yang menuju jantung menjadi berkurang.

 

Arteri koroner adalah pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen ke jantung, apabila jantung kekurangan aliran darah dari tubuh maka akan muncul gejala jantung coroner, yang bisa di tandai dengan sesak napas dan nyeri dada. Apabila arteri coroner tersumbat sepenuhnya maka bisa mengakibatkan serangan jantung.

 

3. Nyeri Dada (Angina Prektosis)

Nyeri dada ini terjadi karena otot jantung kekurangan aliran oksigen dan darah, yang diakibatkan kerena penyempitan pembuluh darah. Rasa nyeri yang muncul biasanya terasa sesak, seperti terikat dan tertekan. Nyeri dada ini juga merupakan kelanjutan dari yang ditimbulkan karena penyakit jantung coroner.

 

Umumnya gejala-gejala nyeri dada dan sesak napas yang muncul dipicu oleh beberapa kegiaatan seperti mengangkat barang. Untuk mengetahui lebih banyak info penyakit ini bisa dikonsultasikan dengan dokter. Biasanya dokter akan menyarankan agar anda mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

 

4. Penyakit Arteri Karotis

Setiap orang memiliki dua buah pembuluh darah arteri karotis yang terletak di belakang leher. Arteri karotis ini adalah pembuluh darah yang mengangkut darah menuju otak. Sama seperti PJK kelebihan kolesterol dalam darah menyebabkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah yang mengakibatkan penyempitan, dan mengganggu proses aliran darah dan oksigen ke otak, leher, dan juga wajah. 

 

Kondisi ini merupakan kondisi yang  serius dimana dapat memicu stroke. Ketika proses aliran darah ke otak terhambat dan berhenti dalam hitungan menit, akan menyebabkan sel-sel dalam otak perlahan-lahan mati.  Dengan begitu kerusakan permanen pada sel otak mungkin saja terjadi, yang mengganggu fungsi dalam melihat dan berbicara.

 

5. Henti Jantung Mendadak (Sudden Cardiac Arrest)

Berdasarkan info penyakit yang didapatkan Kondisi ini adalah kondisi dimana jantung tiba-tiba berhenti, sehingga proses aliran darah yang mengalir ke otak dan organ vital lainnya akan berhenti. Salah satu penyebab henti jantung mendadak adalah jantung coroner, dimana aliran darah kaya oksigen akan terhambat dan tidak mencapai jantung karena penyempitan pembuluh darah.

 

Itulah 5 penyakit komplikasi yang mungkin terjadi jika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, oleh sebab itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan mari biasakan menerapkan pola hidup yang sehat. Bagi anda yang sudah memasuki usia lanjut ada baiknya sering melakukan control kolesterol ke dokter setidaknya dua tahun sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar