Pertimbangan Produk Asuransi Syariah Untuk Alasan Memilih - Myspace-Toys.com

Senin, 26 Juli 2021

Pertimbangan Produk Asuransi Syariah Untuk Alasan Memilih

 


Bisa dikatakan jika produk asuransi syariah kini memang cenderung lebih populer dan banyak dipilih oleh masyarakat dibandingkan dengan produk asuransi konvensional. Memang, ada beberapa pertimbangan produk asuransi syariah yang menjadi dasar pemilihan tersebut. 


Di sisi lain kesadaran masyarakat, terutama di Indonesia yang ingin menerapkan hukum-hukum agama Islam dalam praktik kemasyarakatan mereka juga menjadi faktor kenapa produk asuransi syariah terus bertumbuh. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat kini tidak hanya memikirkan keuntungan premi dalam keikutsertaan mereka pada program asuransi.


Ragam Pertimbangan Pemilihan Produk Asuransi Syariah
Lantas, apa yang menjadi pertimbangan umum masyarakat yang cenderung memilih produk asuransi syariah?


Pertanyaan tersebut tentu cukup penting dan mendasar, terutama bagi calon nasabah yang hendak turut serta dalam program asuransi yang ditawarkan. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan umum pemilihan produk asuransi syariah diantaranya adalah sebagai berikut:


1)    Penggunaan prinsip dasar syariah
Bisa dikatakan jika prinsip dasar syariah menjadi pertimbangan utama kenapa produk asuransi syariah banyak dipilih oleh masyarakat, terutama yang beragama Islam. Dalam prinsip dasar ini, salah satu hal yang paling penting adalah investasi saham asuransi tidak dilakukan pada kegiatan ekonomi yang bersifat haram dan dilarang dalam Islam.


Selain itu, ekonomi syariah memiliki prinsip kebersamaan dan berbagi. Dalam beragam produk asuransi syariah juga dijelaskan beragam program-program sosial seperti zakat, infaq dan juga waqaf. Dengan demikian, ada peluang untuk beramal dan berbagi pada sesama ketika menjadi nasabah asuransi syariah.


2)    Sifat distribusi surplus
Pada dasarnya, keuangan syariah memiliki prinsip pembagian. Dalam hal ini, salah satu yang ditekankan adalah pembagian risiko atau sharing of risk bagi para pemegang polis serta lembaga asuransi. Penanggungan risiko tersebut nantinya akan dialokasikan pada satu rekening.
Konsep ini tentu saja berbeda dengan asuransi konvensional. Pada asuransi konvensional, tidak ada pembagian risiko antara pemegang polis dan lembaga asuransi. Oleh karenanya, keuntungan yang didapatkan seluruhnya akan masuk ke rekening perusahaan asuransi.


3)    Adanya dana kolektif
Pertimbangan lain yang menjadi alasan kenapa program asuransi syariah semakin diminati adalah adanya dana kolektif atau berbagi. Dengan konsep ini nantinya ada pembagian antara perusahan serta peserta asuransi. Peserta juga akan menjadi pengawas pada pelaksanaan program-program perusahaan asuransi sehingga mereka memiliki peran yang penting.


Hal berbeda ditemukan pada produk asuransi konvensional. Dalam produk asuransi ini dana yang disetorkan akan dikelola seluruhnya oleh perusahaan secara umum. Peserta polis akan mendapatkan keuntungan jika mereka mengambil unit investasi yang ditawarkan. 


4)    Transparansi pengelolaan dana yang lebih baik
Pengelolaan dana pada produk asuransi syariah cenderung lebih transparan. Hal ini dikarenakan adanya dua pengawas yang akan memastikan detail pengelolaan dana tersebut. Pengawas pertama adalah perusahaan asuransi tersebut dan pengawas kedua adalah Dewan Pengawas Syariah atau DPS.
Pengawasan akan dilakukan secara menyeluruh untuk semua program, seperti surplus underwriting, pembagian investasi serta penggunaan kontribusi. Dengan pengawasan yang lebih ketat, tentu transparansi dana akan cenderung lebih baik dan keamanan dana jauh lebih terpercaya. Selain itu, pada dasarnya, DPS juga akan mengarahkan pihak asuransi jika ada hal-hal yang melenceng dari prinsip syariah.


Beberapa hal di atas adalah pertimbangan produk asuransi syariah yang banyak dijadikan patokan para nasabah untuk memilih asuransi syariah dibandingkan asuransi konvensional. Sebagai tambahan, salah satu hal yang juga penting menjadi pertimbangan adalah adanya bagian keuntungan bagi pemegang polis mengenai bagi hasil.


Deskripsi: pertimbangan produk asuransi syariah sering menjadi alasan kenapa banyak pemegang polis memilih asuransi syariah dibandingkan konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar