Tak Perlu Khawatir, Ini Langkah Mudah Mengatasi Anak Batuk Pilek - Myspace-Toys.com

Senin, 25 Oktober 2021

Tak Perlu Khawatir, Ini Langkah Mudah Mengatasi Anak Batuk Pilek

Anak Batuk Pilek

Sumber gambar: https://www.pexels.com/id-id/foto/gadis-praremaja-yang-sakit-menyeka-ingus-sambil-beristirahat-di-tempat-tidur-di-rumah-3765115/



Anak batuk pilek merupakan hal yang umum terjadi, karena penyakit ini mudah sekali ditularkan dari orang di sekelilingnya. Namun, efeknya memang sangat terasa. Seminggu saja anak mengalami hal ini, berat badan bisa menurun drastis.


Apalagi jika batuk pilek diiringi demam dan sumbatan lender yang mengganggu jalan pernapasan, ini mengganggu aktivitasnya sehari-hari ditambah nafsu makan berkurang.


Langkah Mudah Mengatasi Anak Batuk Pilek
Batuk pilek, baik anak maupun dewasa yang paling umum disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh. Virus yang disebut influenza ini banyak jenisnya, denan gejala sama.


Orang tua mana yang tidak khawatir melihat anaknya sakit? Namun, Anda tidak perlu panik! Pada dasarnya penyakit ini dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 7 sampai 14 hari. Jika lebih, baru Anda harus waspada, karena mungkin bukan batuk pilek biasa.


Yang dapat Anda lakukan adalah meringankan gejala yang dialami anak, seperti langkah mudah mengatasi anak batuk pilek di bawah ini.


Memastikan Anak Istirahat Cukup
Anda harus membuat aktivitas anak berkurang dan mengajaknya lebih banyak istirahat, terutama tidur.
Tidur akan menghemat energi, sehingga ketika bangun lebih segar. Dengan energi yang cukup, sistem imun akan bekerja lebih baik.


Menidurkan Anak dengan Posisi Telentang dan Kepala Lebih Tinggi
Pada anak batuk pilek cukup berat, sering kali ada lendir yang menyumbat pernapasan dan sulit tidur.
Untuk menyiasati hal tersebut, Anda dapat mengajak anak tidur telentang degan posisi kepala lebih tinggi. Ini akan membuka sedikit jalan pernapasan.


Banyak Minum Air Putih
Air putih dapat membantu mengencerkan dahak dan lendir, serta mencegah dehidrasi yang menimbulkan masalah kesehatan baru. Bagi anak yang batuk disertai demam, minum air sebanyak mungkin akan membuat tubuh bereaksi mengeluarkan suhu lebih stabil.


Jika anak bosan dengan air putih, Anda dapat sesekali menggantinya dengan teh hangat dicampur dengan madu.


Mengoleskan Balsam Anak
Sekarang ini, terdapat banyak balsam yang menghangatkan tubuh dan membuat pernapsan lebih lega. Anda dapat mengoleskan balsam khusus anak di leher, dada, dan punggungnya.


Mengonsumsi Makanan Bergizi
Terakhir dan penting, tetap mengusahakan anak untuk mengonsumsi makanan bergizi, meski sedikit demi sedikit. 


Anda dapat memberi anak sup hangat atau buah-buahan yang banyak mengandung air. Semuanya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan.


Mudah ya, mengatasi anak batuk pilek? Tidak perlu panik dan khawatir. Anda cukup menjaganya saja. Segera ke dokter jika batuk lebih dari 14 hari, demam sangat tinggi, dan kejang demam.



Sumber:
https://www.alodokter.com/cara-sederhana-meringankan-batuk-pilek-pada-anak
https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/infeksi-dan-pencegahannya/tak-perlu-panik-atasi-batuk-pilek-pada-anak-dengan-5-tips-berikut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar