Apa Itu Sprint planning? Bagaimana Tips Menjalankannya? - Myspace-Toys.com

Minggu, 12 Desember 2021

Apa Itu Sprint planning? Bagaimana Tips Menjalankannya?

Sprint Planning


Sprint planning adalah sebuah elemen yang penting dalam fase untuk mengembangkan produk. Untuk tujuan ini, sangat penting bagi para pengembang produk untuk memahami arti dari sprint planning itu sendiri. Dengan memahami pentingnya sprint planning, Anda dapat merancang produk dengan lebih efisien dan efektif.


Apa Itu Sprint Planning?
Sprint planning adalah acara yang merupakan bagian dari struktur scrum agile framework. Sprint dan planning menjadi dua kata yang menjadi istilah event tersebut. Namun tentunya inti dari sprint planning yaitu sesuai namanya, sprint dan perencanaan. 


Sprint planning dapat diartikan sebagai pertemuan dimana sprint plan dibahas secara khusus. Menjelaskan pekerjaan yang perlu dilakukan ketika mengembangkan produk. Misalnya, lamanya waktu produk dikembangkan dan sejauh mana pengembangannya dibahas saat merencanakan sprint.


Peran Sprint Planning dalam Pengembangan Produk
Proses pengembangan produk membutuhkan waktu yang lama. Masalah sering muncul di tengah jalan. Jika tidak direncanakan dengan baik, prosesnya bisa memakan waktu lebih lama. Di sinilah sprint planning berperan penting dalam pengembangan produk. Saat merencanakan sprint, semua tugas yang terkait dengan pengembangan produk dibahas. Dengan cara ini, setiap anggota tim pengembangan tahu apa yang harus dilakukan.


Tips Agar Sprint Planning Efektif
Tanpa sprint planning, pengembangan produk bisa terasa seperti maraton tanpa akhir tanpa tahu kapan akan berakhir dan harus berhenti sampai di mana. Untuk menghindari hal ini, Anda harus dapat sprint planning Anda dalam pengembangan produk secara positif sehingga hasilnya juga akan lebih menguntungkan. 


1.    Menetapkan tujuan untuk sprint
Tujuan sprint atau sprint goal adalah komponen penting dari sprint planning. Tujuan ini tidak hanya akan menjadi garis finis di kemudian hari, tetapi juga akan menjadi dasar apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya. 


Sprint planning memberikan ringkasan tentang apa yang direncanakan tim untuk dicapai dalam sprint berikutnya. Saat menetapkan tujuan sprint, pastikan itu realistis. Anda dapat melakukan ini dengan mengacu pada pencapaian sprint sebelumnya.


2.    Memutuskan apa yang harus dilakukan
Apa yang harus dilakukan di sprint selanjutnya, semua ini tentunya harus disetujui oleh tim. Tidak mungkin tanpa diskusi sebelumnya. Sprint Backlog berisi daftar aktivitas dan item backlog lainnya yang telah disepakati tim untuk dikerjakan pada sprint berikutnya. Nantinya, Sprint Backlog ini juga akan menjadi acuan pekerjaan yang harus dilakukan pada tahap pengembangan produk selanjutnya.


3.    Cari tahu cara penyelesaian masalah


Bagaimana agar pekerjaan yang telah dipilih bisa diselesaikan dengan baik? Kita perlu menemukan jawaban untuk ini. Saat mengembangkan suatu produk, tim pengembang biasanya memulai dengan desain sistem dan bobot pekerjaan, perhitungan, dan pekerjaan yang akan dilakukan.


Tim pengembang dapat memilih jenis pekerjaan berdasarkan kemampuannya. Jika ada sesuatu yang tidak dapat diselesaikan sendiri, sangat penting untuk mendiskusikan masalah tersebut dengan pemilik produk untuk mencari solusi terbaik. 


Sprint planning membantu setiap anggota tim pengembangan mengetahui pekerjaan apa yang perlu dilakukan. Komunikasi dan kolaborasi juga dapat berjalan efektif melalui perencanaan sprint. Sprint planning bahkan bisa membantu tim mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang produk yang sedang dikembangkan, memecahkan masalah kompleks dalam tim, mentransfer pengetahuan, dan mendapatkan perspektif yang berbeda.


Tentu bukan hanya itu saja, sprint planning merupakan bentuk komitmen anggota tim untuk mencapai hasil sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati bersama dengan tim. Startupstudio.id juga akan membantu dalam memfasilitasi dalam pencapaian tujuan bisnis Anda terutama dalam tahap product-market fit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar