Tips Cara Menumbuhkan Sikap Antikorupsi Untuk Generasi Muda - Myspace-Toys.com

Senin, 07 November 2022

Tips Cara Menumbuhkan Sikap Antikorupsi Untuk Generasi Muda

 

Pengertian Antikorupsi

 

Membudayakan perilaku antikorupsi mulai dari diri sendiri saat berada di lingkup keluarga, masyarakat atau sekolah merupakan langkah kecil yang bisa dilakukan oleh generasi muda di Indonesia untuk melawan dan memberantas tindak korupsi yang meresahkan. Karena korupsi dampaknya sangat luar biasa dan merugikan masyarakat, memahami pengertian antikorupsi dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi. Hal ini merupakan salah satu cara generasi muda menumbuhkan sikap antikorupsi untuk menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi. Mental antikorupsi ini akan terwujud jika #KawanAksi secara sadar membina kemampuan dan mampu mengidentifikasi berbagai macam bentuk tindak korupsi di sekitar.


 
Korupsi bisa terjadi oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Sikap antikorupsi seharusnya dimulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Cara menumbuhkan sikap antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari dengan disiplin, selalu jujur dalam perkataan atau perbuatan, dan bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan apa pun. Tidak berbohong baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Hal itu harus ditanamkan sebagai upaya agar terhindar dari tindakan korupsi yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.


 
Nah, supaya terhindar dari perilaku korupsi, #KawanAksi perlu membiasakan diri dengan hal-hal berikut!


 
Miliki rasa tanggung jawab mulai  dari hal yang kecil
Koruptor adalah orang yang tidak bertanggung jawab dan ingkar terhadap tugasnya. Supaya terhindar dari perilaku korupsi, #KawanAksi perlu membiasakan diri dengan bertanggung jawab terhadap hal-hal kecil, misalnya mengerjakan tugas kuliah dengan usaha sendiri, tidak nyontek waktu ujian, dan tidak mengurangi atau mengambil jatah barang titipan.


 
Bersikap Jujur
Kejujuran adalah hal yang penting dalam menjalani kehidupan. Jangan sampai #KawanAksi berbohong atau menyembunyikan sesuatu dihadapan orang lain, karena kebohongan yang terbongkar akan menghilangkan kepercayaan orang lain terhadap #KawanAksi serta nilai integritas #KawanAksi berkurang di mata orang lain.


 
Jangan Matre!
Niatkan segala sesuatu dengan hati yang tulus, jangan sampai terlalu berharap pada sesuatu yang sifatnya materialis. Sifat materialistis akan menimbulkan ketidakpuasan batin dan ketidak-ikhlasan dalam bertindak dan menjadikan #KawanAksi lebih gampang disogok untuk melakukan hal-hal buruk.


 
Punya mental kaya dan merasa cukup
Kalau #KawanAksi mentalnya kaya, biasanya malu untuk minta-minta sesuatu ke orang lain. Koruptor, meski hartanya sudah menggunung, tapi kalau mentalnya miskin, selalu nggak pernah merasa cukup dengan yang sudah dia punya. Bawaannya selalu mau lebih! Nah, mulai sekarang, kurangi, deh mental minta-minta atau melakukan segala cara demi mendapatkan gratisan. Ajaran agama pun sudah melarang kita untuk minta-minta. Bisa jadi kalau dibiasakan, nantinya bisa menumbuhkan bibit sikap mengambil hak orang lain.


 
Jangan Pernah Takut!
Untuk menyatakan kebenaran, maka diperlukan sebuah keberanian. Mengingatkan teman #KawanAksi yang melakukan kesalahan dan menolong seseorang yang sedang dalam penindasan akan melatih diri #KawanAksi untuk tegas dalam bertindak. Untuk memberantas perilaku korupsi pun diperlukan keberanian, karena tidak jarang para penyidik KPK yang mendapatkan ancaman para tersangka lantaran tugasnya yang dianggap mengancam kejahatannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar